Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jual jasa Pembuatan Kanopi Kain dan Kanopi / Tenda Membrane

Tips Membuat Desain Rumah Terbuka

 

Tips Membuat Desain Rumah Terbuka. Desain rumah terbuka adalah desain rumah tanpa sekat atau pembatas ruang. Desain rumah terbuka menjadi salah satu desain rumah yang popular belakang ini. Hal ini dikarenakan, desain rumah terbuka memberi kesan lebih luas dan lapang pada sebuah rumah. Oleh karena itu, desain rumah terbuka menjadi salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk Anda yang tidak memiliki cukup lahan atau ruangan luas pada rumah.

Dalam desain rumah terbuka, Anda harus benar-benar memperhatikan berbagai jenis furnitur yang sesuai dengan ukuran dan warna pada masing-masing ruangan. Ini menjadi kunci dasar dan karakteristik yang membedakan desain terbuka dengan desain rumah lainnya. Terdapat beberapa tips yang dapat Anda coba demi menerapkan desain ini pada rumah Anda.

Pertama, pengaturan tata letak dan arah furnitur yang tepat agar tidak terkesan terlalu banyak dan tidak beraturan. Berikan batas yang cukup antara ruangan dengan furnitur yang ada. Untuk desain rumah terbuka yang sudah jadi, biasanya memang sudah diberikan pembagian luas untuk masing-masing ruangan. Anda bisa mencoba dengan menggunakan dekorasi lantai yang memiliki model keramik yang berbeda-beda atau bahkan menggunakan karpet.

Kedua, gunakan partisi yang transparan. Konsep rumah terbuka memang menawarkan konsep tanpa sekat antara satu ruangan dengan ruangan lainnya. Akan tetapi, ruangan yang menjadi ruang privasi seperti kamar tidur atau kamar mandi membutuhkan sekat yang menjadi pembatas. Dengan menggunakan sekat partisi transparan, akan memberikan kesan tetap terlihat luas. Contohnya adalah memberi sekat antara ruangan tidur dengan ruangan hias.



Desain rumah terbuka selanjutnya dapat diciptakan dengan menggunakan warna monokromatik. Warna monokromatik adalah kombinasi dari berbagai warna yang memiliki intensitas berbeda, tetapi dari satu warna yang sama. Contohnya warna hijau tua dengan warna hijau muda, layaknya sebuah gradasi. Pilihlah warna aman kesukaan Anda dan modifikasi menjadi warna monokromatik.

Tips selanjutnya adalah membuat tinggi lantai menjadi berbeda-beda. Hal ini bertujuan menjadikan tinggi lantai yang berbeda-beda tersebut sebagai pembatas ruangan yang satu dengan ruangan lainnya. Namun, perhatikan segi keamanan dan keselamatan dengan membuat undakan pada lantai tidak terlalu tinggi. Perhatikan akses mobilitas gerak dalam rumah dengan menentukan jarak yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Usahakan jangan terlalu timpang dalam ukuran ruangan, baik terlalu luas maupun terlalu sempit.

Beberapa tips tambahan lainnya yang dapat Anda coba antara lain, hubungan atau gabungan dapur dan ruang makan dengan taman kecil di bagian belakang, hadapkan jendela kamar tidur menuju pepohonan rindang agar ketika bangun terasa menyatu dengan alam terbuka, dan memasang kaca jendela besar di antara ruangan dengan balkon, serta gunakan pintu lipat kaca yang dapat dibuka dan ditutup secara penuh.

Anda juga dapat menerapkan desain rumah terbuka dengan menggunakan desain kamar mandi tropis terbuka, membuat taman di tengah rumah beserta atap dan dinding rumah dijadikan berongga agar intensitas panas berkurang, perbanyak ruangan dengan desain open space yang dipenuhi tanaman untuk di dalam ruangan, dan sebagainya. Itulah beberapa tips untuk membuat rumah dengan desain rumah terbuka yang dapat anda coba terapkan pada rumah Anda.

 

Posting Komentar untuk "Tips Membuat Desain Rumah Terbuka"